Saturday 1 February 2014

Kode Identifikasi Plastik



  1. PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.
  2. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti 1 PET dan 2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.
  3. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.
  4. LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. Barang-barang dengan kode#4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan
  5. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik
  6. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. Selain tempat makanan, styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. Bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China.
  7. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate

yang paling aman botol yang berkode no 4 & 5
tapi kode #7 masi diperdebat kan karena di amerika bisphenol-A aman buat makanan

botol plastik air mineral sebaiknya jangan di pakai berulang2 karena botol kode 1 cuma layak di gunakan 1x

Komunitas pemulung atau kalao di Medan di kenal dengan "Tukang Botot" mengenal sampah plastik dalam kategori:
- Plastik Kerasan
- Plastik Daun/Lembaran

Plastik Kerasan masih dibagi dalam kategori:
- Emberan
- Mainan
- PVC

Plastik Daun/Lembaran masih dibagi dalam kaegori:
- PP
- PE
- HDPE
- OPP
- dll



Masing-masing jenis plastik mempunyai harga berbeda di tingkat pengepul dan pabrik. Harga plastik ini naik turun (katanya sih) mengikuti kurs dollar dan harga minyak dunia.

Jika anda tertarik menggeluti bisnis sampah plastik dan anda adalah seorang pemula yang buta terhadap ilmu plastik, saya sarankan anda fokus di sampah plastik daun jenis HDPE. Plastik daun HDPE dalam bahasa pemulung biasa disebut ‘ASOY’ dan bahasa masyarakat umum adalah ‘kantong kresek’. Harga sampah ini paling murah diantara yang lain karena ini adalah sampah dari sampah plastik padahal jenis plastik ini yang paling banyak ditemukan di TPA.

Saat ini setiap keluarga pasti membuang kantong kresek setiap harinya dan setiap warung / toko memakai kantong kresek sebagai tempat belanjaan. Maka ini adalah sampah terbesar yang mudah ditemukan. Anda tidak perlu mencari orang ahli dalam bidang plastik kalau untuk mengelola asoy ini. Anda tinggal instruksikan: ‘Kumpulkan semua jenis kantong kresek, apapun warna dan ukurannya.’

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maka lakukan pemisahan kresek sesuai warnanya. Karena ada beberapa pabrik menerapkan harga penjualan yang berbeda jika anda ingin menambah keuntungan dari kantong kresek. Harga termurah adalah warna hitam, dikuti warna campuran dan harga termahal adalah warna bening.

0 komentar:

Post a Comment